Wednesday 17 July 2013

Merekam MIDI Song sampling menjadi MP3


Maksud judul diatas sebenarnya adalah mengganti sound GM (General MIDI) pd sebuah Song dengan sound modul dari sebuah software computer sebagai output-nya, kemudian merekamnya kedalam format MP3, bagaimana caranya?

Pertama pilih lagu, saya ambil contoh lagu Panah Asmara – Afghan, waktu membuat lagu ini saya menggunakan Nuendo (salah satu DAW produk Steinberg) dan memakai 16 channel dengan output-nya sound GM (Microsoft GS Wavetable SW Synth).

Karena saya akan merekam lagu tersebut kedalam format MP3, maka supaya hasilnya lebih bagus (sound-nya lebih real), sebelumnya saya mengganti output ke-16 channel tersebut dengan sound modul yang saya punya, yaitu Hypersonic 2 (VST Instrument ini juga produk Steinberg).

Setelah semua sound dirubah, kemudian saya mixing ulang dan sedikit edit data bass-nya, maka sampailah pada proses akhir, yaitu merekam kedalam format MP3.

Perekaman ini tidak saya lakukan secara manual, tapi cukup dengan proses yang disebut Audio Mixdown (atau istilah lainnya audio mixing), proses ini sekaligus merubah data midi menjadi wave, dalam hal ini kita memilih format MP3.

Dengan menggunakan song berupa MP3 ini, dikenal juga dengan istilah MP3 Track (bisa dimainkan di keyboard yang ada fasilitas MP3 player-nya, seperti Yamaha PSR S 910, 950, dll.), penampilan kita akan lebih meyakinkan!

Silahkan mencoba MP3 Track-nya lagu Panah Asmara – Afghan ini dengan meng-klik


dan bandingkan dengan midi song-nya .. !!

No comments:

Post a Comment